April 7, 2010

Gempa Aceh 7.2 SR Berpotensi tsunami

Rabu 7 april 2010, Aceh kembali di guncang gempa hebat dengan kekuatan 7.2 SR, dimana penyebab gempa aceh ini sampai sekarang belum diketahui, vdeo gempa aceh pada hari ini juga sangat sulit didapatkan karena memang gempa ini terjadi pada waktu subuh, Gempa Aceh 7 april 2010 ini berkekuatan 7,2 Skala Ritcher menguncang pulau Sinabang, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pukul 05.15 WIB. Gempa di Aceh Tengara pulau Sinabang ini, dilaporkan berpotensi Tsunami. Penduduk Aceh pun terlihat panik berhamburan keluar, setelah gempa besar tersebut.

Sinabang terletak di Pulau Simeuleu yang berada 150 km dari Pantai Barat Sumatera. Meski demikian, getaran kencang cukup terasa di Banda Aceh. Bahkan warga sempat panik berlarian ke luar rumah dengan menggunakan baju tidur.

Pusat gempa yang mengguncang wilayah Provinsi Aceh dan sekitarnya, Rabu (7/4) pagi itu berada pada lokasi 2,30 derajat Lintang Utara dan 96,87 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 34 km. Berdasarkan data Badan Meteorologi setempat, gempa susulan juga terus terjadi antara lain pada pukul 5.26 WIB dengan kekuatan 5,1 SR, dan 05.28 WIB dengan kekuatan 5,2 SR dengan pusat gempa sekitar 3,2 km timur laut Gunung Sitoli Sumatera Utara. seperti kita ketahui bahwa wilayah sumatra merupakan wilayah yang rawan gempa, kita belum lupa peristiwa gempa padang serta musibah tsunami beberapa waktu yang lalu


Beberapa saat setelah terjadinya gempa tersebut, aliran listrik padam di kota Banda Aceh padam, namun belum ada laporan tentang kerusakan gedung maupun korban jiwa akibat guncangan gempa tersebut. Guncangan gempa bumi tersebut juga dilaporkan dirasakan di sejumlah wilayah Sumatera Utara.

Ditempat berbeda, gempa juga dirasakan di pulau Sumatra gunung sitoli Medan, dengan kekuatan 5,2 Skala Ritcher. Goyangan gempa dengan episentrum berada sekitar 75 km tenggara Sinabang itu, juga membuat warga Banda Aceh yang pernah mengalami bencana gempa dan tsunami pada 26 Desember 2004 itu panik dan berhamburan keluar rumah.

Kita semua berharap Gempa yang mengguncang aceh ini tidak berakibat banyak korban jiwa maupun harta benda, dan bagi korban dan keluarga semoga diberi ketabahan atas musibah ini,

Related Posts

Gempa Aceh 7.2 SR Berpotensi tsunami
4/ 5
Oleh