July 23, 2009

Profil Mbah surip dan perjalanan karirnya

Tak gendong kemana-mana. itu adalah sepenggal lirik lagu yang membuat mbah surip menjadi terkenal dan tenar seperti saat ini, akan tetapi tahukan teman-teman tentang profil mbah surip, serta perjalanan karirnya? lagu tak gendong menjadi begitu fenomenal, untuk saat ini banyak sekali orang yang pengen download lagu tak gendong kemana-mana ini, karena lagunya yang asik didengar dan mudah diingat, serta lucu,

perjalanan karir/ hidup mbah surip Dilahirkan di Mojokerto, 5 Mei 1949 dengan nama asli Urip Ariyanto adalah duda dengan empat orang anak sekaligus kakek dari empat cucu. Sebelum menjadi seniman, Mbah Surip menjalani berbagai macam profesi. Mulai pekerjaan di bidang pengeboran minyak, tambang berlian bahkan lelaki yang memiliki gelar Drs, Insinyur dan MBA ini pernah mengadu nasib di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania, dan California. [ kapan lagi.com]

Perjalanan di Dunia Musik

Dalam perjalanan musiknya Mbah Surip telah mengeluarkan beberapa album musik. Album rekamannya dimulai dari tahun 1997 diantaranya, Ijo Royo-royo (1997), Indonesia I (1998), Reformasi (1998), Tak Gendong (2003) dan barang Baru (2004).

Namun ternyata lagu Tak Gendong diciptakan pada tahun 1983 saat Mbah Surip bekerja di Amerika Serikat. Menurut Mbah Surip Filosofi dari lagu ini yaitu Belajar salah itu, yang digendong ya siapa saja, entah baik, galak, nakal, atau jahat. Seperti bus, nggak peduli penumpangnya, entah itu copet, gelandangan, pekerja, ya siapa saja. Sebab, menggendong itu belajar salah.

Mbah Surip tampil juga lewat video klip "Witing Trisno" karangan Tony Q Rastafara di MTV. Ciri khas dari setiap aksinya di panggung musik yaitu selalu ditemani "Gitar Kopong" nya, menyanyi dengan sangat relax dan nyanyi "ngalor-ngidul" dengan gaya-nya yang khas, kocak, gila, dan bebas ekspresi.

Karakter inilah yang membuat Emha Ainun Najib atau Cak Nun sering menggambarkan sosok Mbah Surip adalah gambaran "Manusia Indonesia Sejati" yang tidak pernah merasa susah, tidak pernah gelisah, tidak pernah sedih dan selalu tertawa, meskipun seringkali di ledek orang Mbah Surip tetap saja tertawa tidak pernah dendam, atau membalas ledekan tersebut.

Bahkan terkadang Mbah Surip bingung untuk pulang karena kehabisan ongkos. Hasilnya Mbah Surip mengejawantahkan kesusahannya dalam sebuah lagu "minta ongkos pulang". Dalam lagu tersebut Mbah Surip bercerita tentang pacarnya, meskipun kita ragu kalau Mbah Surip pernah berpacaran.

Pada bait akhir lagunya mbah Surip meminta sesuatu kepada yayangnya (panggilan Mbah Surip kepada pacarnya dalam lagu tersebut).

berikut ini beberapa foto dari mbah surip / tak gendong dari kapan lagi.com


semoga profil mbah surip dan perjalanan karirnya ini bisa mengilhami kita dalam menghadapi kehidupan ini, meski sudah terkenal mbah surip tetap sederhana, hidup happy bahagia dengan apa yang dia dapatkan,

Related Posts

Profil Mbah surip dan perjalanan karirnya
4/ 5
Oleh

1 komentar:

July 26, 2009 at 2:09 PM delete

Go Mbah Surip.
Gendong kemana-mana dong...

Reply
avatar