Antonius Richmond Bawengan dan kasus Bentrokan temanggung

Antonius Richmond Bawengan merupakan sosok orang yang menjadi salah satu penyebab terjadinya insiden kerusuhan temanggung, Antonius adalah tepidana kasus penistaan agama yang meresahkan warga di temanggung, awal kasus dari Antonius Richmond Bawengan ini bermula saat Antonius yang berasal asal Duren Sawit Jaktim. Keberadaannya tertangkap tangan di masyarakat sedang menyebarkan selebaran berisi penyebaran agama, yang termasuk di dalamnya diletakan di rumah H Bambang Suryoko pada 23 oktober 2010, pukul 08.00 WIB

Warga, kemudian melaporkan perilaku Antonius ini kepada Ketua RT setempat, Fahrurozi dan diteruskan ke Polres Temanggung. Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, berkas Antonius pun dinyatakan lengkap dan siap disidangkan.

sidang sudah dilakukan tiga kali Polres dengan di-back up sepenuhnya oleh Polda Jateng. “(Persidangan) yang tàdi dilakukan pemberian tuntutan dikenai hukuman 5 tahun, karena masa tidak terima vonis yang di bacakan oleh hakin maka terjadi kerusuhan temanggung dimana 2 buah gereja serta 1 yayasan di bakar oleh masa yang tidak bisa menerima keputusan hakim tersebut

Sampai saat ini saya belum tahu persis dan beleum mendapatkan salinan isi selebaran penistaan agama yang di lakukan oleh Antonius Richmond Bawengan tersebut, bahkan saya sempat mencari isi dari selebaran Antonius Richmond Bawengan di kaskus pun juga tidak saya dapatkan, yang jelas dari kronologis kejadian diatas kita bisa mengetahui duduk persoalan yang sebenarnya mengapa masa marah dan kemudian terjadi bentrokan temanggung tersebut

Foto Antonius Richmond Bawengan
Antonius Richmond Bawengan

Anonymous said...

kalau membuat selebaran kritik dan sindiran mengenai agama islam dianggap penistaan agama islam, bukan kan lebih nista dan terkutuk lagi pembakaran yang dilakukan sekelompok umat islam terhadap gereja-gereja (rumah ibahdah)???

maling kok teriak maling :)

Anonymous said...

tapi konon selebarannya tidak hanya menghina islam, tapi juga kristen dan agama lain. antonius keknya mau membuat ajaran baru. aku yakin, banyak diantara para perusuh itu yang belum pernah melihat atau membaca selebaran si anton. lagi pula apa pantas sih dg alasan itu lalu melakukan perusakan? agama kan gak ngajarin gitu..

Anonymous said...

kapan di negara ini punya hati yang bersih,yang mengaku umat beragama tapi malah bakar gereja....dimanakah arti ajaran agama itu???

Anonymous said...

orang orang ini aneh, cuma ada seseorang menyebarkan pamflet aja bikin rusuh seluruh kota.
Allah yg kejam tercermin dari umatnya yang kejam.
Buat apa menyembah Allah seperti itu??
Konon Nabi Muhammad jauh lebih toleran dari tindakan kaum pembela-nya.

gregorius said...

sukurlah tidak terdapat korban jiwa pada umat kristiani di temanggung mengingat antonius kristiani dan menyebarkan penghinaan pada nabi dan kitab umat islam....

Anonymous said...

bukan gtu bro,..qt g akan ganggu kalo g di ganggu..di islam juga diajarin tentang itu..tapi g kan mundur kalo ada yang usik..
agamamu agamamu Agamaku Agamaku,jangan saling ganggu..kami g menistakan agama kalian..tapi jangan menistakan agama kami..

Tulis Tanggapan Mengenai Antonius Richmond Bawengan dan kasus Bentrokan temanggung