Cara Membedakan Burung Pentet Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Burung Pentet Jantan Dan Betina - Jenis burung Pentent, cendet atau centet bayak digemari kicau mania semua, hal ini disebabkan karena jenis burung ini memiliki volume suara yang cukup keras, serta mampu menirukan berbagai jenis suara burung lainya.

Untuk penggemar pemula pastinya masih kurang begitu paham bagaimana cara membedakan burung pentet atau cedet atau centet jantan dan betina, baik yang sudah dewasa maupun masih trotolan, mungkin dengan sedikit artikel ini bisa membantu anda.

Cara Membedakan Burung Pentent Jantan dan Betina

Cara membedakan jenis kelamin burung pentet bisa dilakukan dengan mengamati keadaan fisiknya. Berikut ciri-cirinya :
Cara Membedakan Burung Pentet Jantan Dan Betina
Pentet Dewasa
Pada bagian kepala pejantan, terdapat warna hitam pekat khususnya di bagian atas hingga samping kepala. Sedangkan pada betina, hanya memiliki warna hitam keabu-abuan di bagian kepala. Dilihat dari bentuk kepalanya, cendet betina biasanya mempunyai kepala agak menggelembung. Sementara itu, jantannya memiliki bentuk kepala yang agak ceper mendatar. Untuk lebih jelas, lihat pada gambar di bawah.
Cara Membedakan Burung Pentet Jantan Dan Betina

Pentet Anakan atau Trotolan
Untuk membedakan jenis kelamin pentet yang masih anakan atau trorol, bisa dilihat dari warna hitam pada alis mata. Jika warna hitamnya tebal maka adalah pejantan, dan bila warna hitanya hitam kusam maka betina. Pada anakan jantan biasanya memiliki bintik hitam di kepala bagian atas. sedangkan bentuk kepala pentet jantan tampak rata atau cepak sedangkan betina agak cembung atau membentuk bukit.

Untuk Burung pentet sendiri, baik jantan maupun betina, tidak begitu berpegaruh, bahkan ada beberapa pentet berjenis kelamin betina yang menjuara lomba. Tampilan di lapangan pun, untuk cendet betina lebih nagen, nyeklek, tenang dan peforma jawara mereka bisa bertahan lama dari satu arena ke arena lain dan dari satu masa mabung ke masa mabung berikutnya.

“Aneh juga para kicaumania yang justru mencari cendet jantan untuk dilombakan. Jantan maupun betina, sama-sama mudah atau sama-sama susah setelannya, itu tidak tentu. Tetapi kalau setelan cendet betina sudah ketemu, performanya lebih bagus dan tahan lama ketimbang cendet jantan,” kata Om Yulianto Solobaru seperti dikutit dari omkicau.com

Om Yuli yang biasa malang-melintang dari satu lomba ke lomba lainnya, baik sebagai pelomba maupun sekadar kir master, lantas menyebut beberapa cendet yang sudah punya nama di papan atas ketegori lomba kelas cendet. Namun karena alasan etis, saya tidak mau menyebutkan nama-nama cendet betina yang selama ini langganan predikat jawara.

“Pembeda yang jelas antara jantan dan betina cendet ketika masih anakan adalah dari bulu ekor. Yang jantan ada garis warna hitam sedangkan betina tidak ada, atau kalau ada agak kabur,” Ujarnya lagi


Nah semoga sedikit wawasan mengenai cara membedakan Pentet jantan dan betina ini bermanfaat buat anda semua. buat yang suka kacer jangan lupa baca cara membedakan kacer jantan dan betina

Tulis Tanggapan Mengenai Cara Membedakan Burung Pentet Jantan Dan Betina