Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina yang Masih Trotolan

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina  yang masih Trotolan - Anakan Kacer atau trotolan memang sulit untuk dibedakan jenis kelaminya, dimana bayak kicau mania lebih senang membel kacer yang sudah dewasa sehingga lebih mudah untuk membedakan jantan dan betinanya.
Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina yang Masih Trotolan
Kacer  umur 3 minggu, masih sulit dilakukan sexing

Akan tetapi untuk perawatan sejak trotolan akan memberikan keunggulan lebih jika dibandingkan membeli burung kacer yang sudah dewasa, memelihara kacer sejak anakan / usia trotolan memiliki banyak keuntungan. Misalnya, burung akan memiliki suara isian yang lebih bervariasi, mental lebih bagus, lebih jinak, dan sebagainya.

CARA MEMBEDAKAN KACER JANTAN DAN BETINA TROTOLAN

Sebenarnya ada beberapa metode yang bisa digunakan dalam melakukan sexing pada kacer trotolan, dengan tingkat akurasi yang berbeda-beda, diantaranya :
  • Kepala: Trotolan jantan memiliki bentuk kepala cenderung rata dan tidak bulat (akurasi sekitar 75 %).
  • Bulu: Trotolan jantan memiliki bulu-bulu yang lebih padat, tebal, dengan warna yang lebih gelap (akurasi sekitar 80 %).
  • Lidah: Pada kacer jantan, terdapat 1-2 titik hitam (black spot) di bagian tengah atau pinggir lidahnya. Blac spot tidak dijumpai pada lidah kacer betina (akurasi sekitar 95 %).
  • Paruh: Pada kacer jantan, paruh bawah berwarna hitam atau gelap. Ini mulai terlihat setelah burung berumur 1 minggu atau lebih (akurasi sekitar 90 %).
  • Punggung: Pada kacer jantan, warna hitam di bagian belakang / punggungnya berkilau kebiruan. Tapi tidak sedikit pula kacer betina, ketika umurnya sudah lebih dari 5 minggu, juga memiliki tengara seperti ini (akurasi sekitar 50 %).
  • Dada: Kacer trotolan yang dadanya berwarna kecokelatan / keabuan tidak bisa dijadikan patokan kalau jenis kelaminnya jantan. Sebab warna ini akan segera memudar, kemudian berganti warna setelah masa mabung pertamanya, yang akan terjadi pada umur 4-5 bulan.
Semoga sedikit tips mengenai cara membedakan kacer jantan dan betina untuk trotolan ini bisa bermanfaat buat kicau mania semua, 

Tulis Tanggapan Mengenai Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina yang Masih Trotolan