March 15, 2010

blog www.sony-ak.com Vs www.sonny.com

blog Sony ak, menjadi pemeritaan yang cukup membuat para kalangan blogger bersimpati sehingga berbondong-bondong blogger Indonesia mendukung Sony Arianto Kurniawan, dialah seorang blogger yang mempunyai alamat blog di www.sony-ak.com. Baru-baru I ni digugat oleh perusahaan elektronik asal jepang sony corp, awal mula kasus sony ak ini saat pihak sony corp melakukan somasi yang terhadap Sony AK berkaitan dengan nama alamat blog Sony yang berada di alamat www.sony-ak.com tersebut melanggar merek dagang yang dimiliki perusahan asal Jepang tersebut. Akibatnya, Sony AK harus menyerahkan domain Sony-AK.com kepada Sony Corp Jepang,seperti hal sungai bahwah laut mexico, blog sony ak ini juga menyedot perhatian banyak orang

Kesewenang-wenagan sony corp inilah yang membuat berang sesama blogger, karena jika kita lihat blog son yak yang beralamat di www.sony-ak.com ini berisikan artikel pengetahuan yang dirancang dan ditulis sendiri oleh sony, serta jika kita melihat kasusunya, sony corp blm pernah mendaftarkan domain dengan alamat www.sony-ak.com teresebut, sehingga jika kita melihat dari hal tersebut saja posisis sony tidak bisa dipersalahkan sama sekali, karena domain tersebut jelas-jelas merupakan domain dengan inisial nama dia yakni sony-ak, ak yang kepanjangan dari Arianto Kurniawan



Akan tetapi sony corp mempunyai alasan lain dengan melakukan somasi terhadap pihak son yak, Landasan Sony Corp dalam hal ini adalah, merek Sony telah terdaftar untuk barang dan jasa tertentu. Disebutkan hal ini termasuk barang kelas 9 (peralatan pemroses data, komputer dan lain-lain), jasa kelas 35 (periklanan, manajemen usaha, dan lain-lain) dan jasa kelas 41 (pendidikan, penyediaan pelatihan, hiburan dan lain-lain).
Sony Arianto Kurniawan, pemilik domain sony-ak.com berkomitmen untuk mempertahankan domainnya. Meski nantinya pihak Sony Corp akan mengimingi dengan rupiah yang tidak sedikit.

"Segala kemungkinan bisa saja terjadi. Hanya saja, saya pribadi tetap ingin mempertahankan domain tersebut," ujar Sony, saat dihubungi okezone, Jumat (12/3/2010).

Menurut Sony, nama domain tersebut harus dipertahankan karena bagi dirinya pribadi, domain ini merupakan salah satu achievements dalam hidupnya dan hasil kerja yang dianggapnya memiliki nilai yang lebih dari nilai uang.

"Apalagi, saya telah membangun blog tersebut dalam kurun 6 sampai 7 tahun. Itu bukanlah waktu yang sedikit," jelas Sony.

Untuk menunjukkan niat baiknya, Sony AK pun langsung membuat notifikasi di bagian bawah blog, yang menerangkan bahwa blog tersebut tidak memiliki afiliasi dengan Sony Corp Jepang.

"Sony AK Knowledge Center tidak memiliki hubungan atau afiliasi apapun dengan Sony Corporation Jepang," jelas notifikasi tersebut yang ditulis Sony AK dalam bahasa Inggris.

"Itu saya tulis atas inisiatif saya sendiri. Untuk berjaga-jaga saja," ujar Sony.

Hingga kini, Sony AK masih menunggu niat baik dari kuasa hukum Sony Corp. Pasalnya, Sony AK baru melakukan pertemuan satu kali dengan kuasa hukum Sony Corp yang berakhir dengan jalan buntu.

Sebelumnya diberitakan, pihak Sony Corp mengajukan gugatan kepada blogger Indonesia bernama Sony Arianto Kurniawan karena domain yang digunakan dalam blog-nya dianggap melanggar merek dagang perusahaan elektronik terbesar di Jepang tersebut.

Hingga saat ini, blog Sony-AK masih bisa diakses dengan postingan terbaru pada 11 Maret 2010. Dalam blog tersebut, jika ditelusuri lebih dalam, tidak ada satupun yang berhubungan dengan nama Sony Corp maupun produk-produk elektronik keluaran perusahaan Jepang tersebut
kasus somasi yang telah dialami oleh Sony Arianto Kurniawan dari pihak Sony Corp, kini muncul gerakan dukungan terhadap Sony di facebook, dengan nama Grup "Sony, Jangan Renggut Nama Temanku!".

Sejauh ini jumlah facebooker yang mendukung Sony telah mencapai 1600 orang, dan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah, karena dalam sehari saja grup itu telah mendatangkan lebih dari 600 orang pendukung baru.

Beragam komentar yang hampir seluruhnya 'menyerang' raksasa elektronik asal Jepang itu pun mewarnai halaman grup tersebut. Mulai dari yang bernada lembut hingga yang kasar sekalipun.

"Trus nanti ada somasi lagi....dari produsen senjata AK...., apa kata dunia...," ujar Facebooker bernama Iyus Poenya.

Lain lagi komentar salah satu anggota grup ini yang sepertinya begitu jengkel dengan langkah somasi Sony Corp. "Sony corp terlalu angkuh dan gila, begitu pula kuasa hukumnya... kok gak sekalian bikin sub-merk "monyet" buat alat elektroniknya, biar bisa dpt duit banyak dgn somasi semua monyet yg ada... karena pakai nama sama... :D," sindirnya
Kita lihat saja kelanjutan antara www.sony-ak vs www.sony.com ini, sebagai seorang blogger pemula saya hanya bisa mendukung lewat tulisan saja


Related Posts

blog www.sony-ak.com Vs www.sonny.com
4/ 5
Oleh